Buscar

Memuat...

Apa Itu FanFiction ??

Buat kalian para penggemar korea pasti pada tau apa itu fanfiction. Yah,, mungkin kalian mendeskripsikan fanfiction itu seperti cerpen. dalam postingan saya kali ini, saya akan men-share pada kamu kamu semua apa itu sebenernya fanfiction dan seluk beluk fanfiction itu sendiri.


 1.      APAKAH FANFICTION ITU?

 Fanfiction atau Fanfic merupakan karya fiksi orisinal yang didasarkan pada tokoh-tokoh dan atau lokasi serta situasi yang diambil dari suatu karya asli (film, buku, video game, dll) yang mempunyai hak cipta. Meskipun fanfic berisikan tokoh, lokasi, serta situasi yang diambil dari karya asli, tetapi penulis fanfic tidak memiliki hak hukum, dalam hal ini hak cipta, atas tokoh, maupun lokasi/situasi tsb.


Biasanya penggemar atau fans menulis fiksi tersebut untuk mewujudkan gagasannya tentang para tokoh dan atau situasi dari karya asli, yang tak diwujudkan oleh penulis aslinya.
Lebih jauh lagi, biasanya motivasi para penulis fanfic ini adalah untuk kepuasan batin belaka, sama sekali tidak ada motivasi komersil.

2.      APAKAH FANFIC LEGAL?

Para penulis fanfic di Amerika Serikat (dan mungkin juga di belahan lain dunia ini) mempertanyakan hal ini. Hal ini berkenaan dengan penggunaan sebagian atau seluruh bahan dari karya asli yang dimasukkan dalam karya yang disebut fanfic itu.

Bisa dijelaskan bahwa fanfic adalah bentuk turunan (derivatif) yang menambahkan tokoh ciptaan sendiri, cerita rekaan sendiri, dan sebagainya, pada suatu karya yang dilindungi hak ciptanya. Hal ini yang membedakan dengan penggunaan kata demi kata dari materi yang dilindungi hak ciptanya. Merupakan pelanggaran hak cipta komersial, dan biasa dikenal dengan plagiat. Plagiat ini yang harus dihindari sedemikian rupa agar fanfic tidak dikategorikan dalam pelanggaran hak cipta komersial.

Satu poin lagi yang membuat fanfic tidak merupakan bentuk pelanggaran hak cipta adalah tujuannya yang hanya demi kepuasan penggemar semata, bukan untuk mendapatkan keuntungan (dalam hal ini uang).

3.      SUBSTANSI alias ISI

Isi? Isinya ya cerita tentang artis-artis Hallyu, apa lagi? Ada dua macam lho, di dunia fanfic.

CANON
Canon maksudnya fakta-fakta yang diutarakan dalam buku (ada juga yang berpegang pada filmnya). Jadi, membuat fanfic canon, berarti taat pada pakem, pada jalur yang ada. Semua karakter persis seperti yang diungkapkan penulis aslinya, demikian pula lokasi, dan situasi. Nah, karena kita membuat FF tentang artis-artis Korea/Jepang, jadi canon ini tidak termasuk dalam kriteria penulisan kita.

FANON
Kalau yang ini berarti “fakta” yang sebenarnya tidak ada, tetapi lebih menyerupai rumor atau gosip. Kadangkala fanon ini hanya merupakan dugaan para fanfictioner atas serangkaian fakta yang terjadi pada artis-artis Korea/Jepang. Misalnya, dari fakta-fakta bahwa Leeteuk pernah menelepon Krystal, diangkat kecurigaan bahwa Leeteuk mungkin ada hati sama Krystal, dan dibuatlah fanfictionnya. Rumit? Enggak sih, ayo, gunakan imajinasimu sejauh kau bisa.

4.      KLASIFIKASI FANFICTION
Secara umum, klasifikasi fanfiction adalah garis besar dari Fanfic. Bisa dibilang tema, klasifikasi adalah penggolongan fanfic secara umum sebelum nanti terbagi lagi dalam beberapa genre. Berikut adalah klasifikasi fanfic. Merasa tidak asing?

AC (Alternative Couple) : nah, ini yang sering banget ditulis. Semacam pairing antara artis satu sama artis lain walaupun sebetulnya di kehidupan sebenarnya pun kedua orang itu nggak dekat. Misalnya, Khuntoria di WGM diganti Victoria dengan Jonghyun.

AU (Alternative Universe) : FF yang tokoh-tokohnya berada pada waktu yang sama, misalnya Taemin dibikin seumuran sama Onew.

AT (Alternative Timeline) : penempatan tokoh pada dimensi berbeda, misal : Sandara adalah alien berasal dari Planet X

Continuation : yaitu melanjutkan cerita asli yang udah tamat. Misalnya melanjutkan cerita Harry Potter setelah dewasa. Yang ini jarang banget kita temui di FF Korea/Jepang. Bahkan mungkin belum ada.

Crossover : dua cerita berbeda yg digabung menjadi satu. Misal Aktor/Aktris Korea sama Troy (Ngebayangin nggak, aktor-aktor berwajah unyu digabung cerita kepahlawanan Romawi? Cmiiiww… )

Genderswitch : Pertukaran jenis kelamin. Misalnya karakter yang aslinya berjenis kelamin pria berubah menjadi wanita dan sebaliknya.

Songfic : yaitu FF yang menggunakan lagu sebagai tema

Self-Insertion atau yang kita kenal OC (Original Character) : memasukkan karakter pribadi ke dalam cerita. Nah, ini yang biasanya muncul di FF-FF kebanyakan.

5.      GENRE FANFICTION
Mungkin kalau saya menyebut genre sudah tidak asing lagi bagi pembaca fanfic. Genre adalah alur cerita. Genre ini menentukan jalan cerita dari fanfic yang dibuat, Hubungannya dengan klasifikasi? Genre merupakan sub unit dari klasifikasi. Sebagai contoh, untuk klasifikasi alternative couple (AC) kita bisa membuat cerita romantis antara OC dengan artis idola seperti fanfic-fanfic yang kebanyakan kita jumpai. Berikut adalah genre-genre fanfic yang sejauh ini bisa saya kumpulkan dari berbagai sumber :

Action : Sebagian besar dari cerita banyak adegan berantemnya. Adventure : Petualangan, biasanya digabung sama action, tapi kalau mau berdiri sendiri juga bisa.

Angst : Genre pada fanfic yang ceritanya sedih, menceritakan tentang kesedihan atau keterikatan secara emosional antara pembaca dengan cerita.

Crime : Genre pada fanfic yang menceritakan tentang perilaku kriminal si tokoh.

Drama : Ceritanya tentang kehidupan sehari-hari, kurang lebih kayak drama-drama Korea gitu. Biasanya drama berkaitan dengan angst untuk efek dramatisasinya.

Fluff : Fanfic yang pendek, namun ceritanya manis/menyenangkan dan biasanya happy-ending

Family : menceritakan tentang kehidupan si tokoh dan keluarganya.

Fantasy : Genre pada fanfic yang berisi hal-hal yang hanya ada di khayalan seperti sihir, monster, naga, dewa, dll.

Friendship : menceritakan tentang kehidupan si tokoh dan teman-temannya, persahabatan si tokoh, dll.

Gore : Fanfic yang berisi tentang pembunuhan berdarah, kesadisan, dll. Rate M.

Humor : Cerita lucu *nggak perlu dijelaskan ya*.

Horror : Cerita seram yang bikin bulu kuduk merinding.

Mystery : Beda dengan horror, kalau ini cenderung ke cerita-cerita detektif. ‘

Parody : Isinya plesetan, sekilas mirip humor tapi kalau parody berdasarkan cerita lain yang sudah ada, tapi diplesetkan.

Romance : Nah ini yang paling sering dibuat, cerita-cerita percintaan.

Sci-fi alias science fiction, cerita-cerita ilmiah, nggak melulu tentang masa depan atau robot, cerita tentang ilmuwan juga termasuk.

Spiritual : Genre pada fanfic yang mengangkat hubungan antara tokoh dengan Tuhan

Supernatural : Genre pada fanfic yang menceritakan tentang dunia supernatural, dunia gaib, dunia mistis.

Suspense : Genre pada fanfic yang ceritanya menegangkan, bikin dag-dig-dug gak karuan.

Tragedy : Genre pada fanfic yang menceritakan tentang tragedi yang menimpa si tokoh utama.

Yaoi: kisah percintaan antara laki-laki dan laki-laki, biasanya hanya untuk orang dewasa. Banyak yang salah mengartikan antara yaoi dan shonen-ai. Yaoi lebih mendeskripsikan mengenai adegan seksual (biasanya eksplisit), sedang shonen-ai lebih berfokus pada kisah percintaannya dan tidak mengandung unsur lemon eksplisit.

Yuri: sama dengan yaoi, hanya saja yuri percintaan antara wanita dan wanita.

6.      RATING
Pemberitahuan pada pembaca, tahap umur mana yang sesuai untuk membaca FF ini. Biasanya didasarkan pada MPAA Rating (Motion Picture Association of America) yang digunakan pada film.
Rating ini terdiri atas:

G -General Audience
Semua Umur. Ini menunjukan bahwa cerita ini tidak mengandung hal-hal yang oleh orangtua dipandang berbahaya bahkan untuk anak terkecil sekalipun. Penggambaran tubuh telanjang, adegan seks, penggambaran penggunaan narkoba sama sekali tidak ada, kekerasan minimal, percakapan tidak menyerempet kata-kata yag tidak layak didengar

PG -Parental Guidance Suggested
Beberapa hal mungkin tidak sesuai untuk anak. Adegan seks dan penggunaan narkoba sama sekali tidak ada, Penggambaran tubuh telanjang mungkin ada meski hanya sekilas, kekerasan dan horor tidak melebihi batas

PG-13 Parents Strongly Cautioned
Beberapa hal mungkin tidak sesuai untuk anak di bawah usia 13. Meski adegan seks, penggambaran tubuh telanjang, dan kekerasan yang berlebihan masih tidak ada, namun mungkin sudah ada penggambaran penggunaan narkoba, dan makian menggunakan istilah seks

R -Restricted
Mereka yang di bawah 17 tahun memerlukan pendampingan orangtua (usia bervariasi, tergantung tempat). Sangat mungkin mengandung bahasa yang kasar, tema dewasa, kekerasan, adegan seks dan penggambaran penggunaan narkoba

NC-17 -No One 17 and Under Admitted
Jelas-jelas tidak boleh dibaca oleh mereka yang berusia di bawah 17, karena sangat mungkin mengandung adegan seks yang eksplisit, bahasa yang sexually-oriented, kekerasan yang berlebihan

7.      PANJANG (LENGTH)

 Drable, atau umumnya dikenal dengan istilah cerpen 100 kata. Panjang cerita sekitar 100 kata (100-500 kata disebut drabblet) dan biasanya karakter atau setting yang dipakai tidak menyimpang dari cerita aslinya.

Oneshoot (cerpen/1 chapter): Format penyajiannya seperti cerpen, (sekitar 1.000 -14.000 kata atau setara 8 halaman) dan biasanya ceritanya langsung selesai di akhir.

Short Fic (2-6 chapter): Short fic terdiri dari 2-6 chapter. (30.000-35.000 kata) Memiliki plot yang sedikit lebih rumit, namun tidak berlangsung lama dan bisa berakhir tanpa menimbulkan masalah baru.

Long Fic (16-30 chapter): (>40.000 kata) Merupakan fanfic dengan plot yang semakin lama semakin rumit, atau terjadi sesuatu yang mengesampingkan tokoh utama. Misalnya, di awal cerita tokoh utama diceritakan mati dibunuh tokoh antagonis, sehingga membutuhkan penjelasan lebih dengan masalah-masalah tambahan sehingga ceritanya memanjang.

   DAFTAR PUSTAKA :
http://ffhp5.proboards.com/index.cgi?board=FFHP5&action=display&thread=26  
http://www.theparapet.net/fanfic/glossary.html

credit: Kelas FF

Sumber : Note on facebook

0 komentar:

Poskan Komentar

Button

Join this site