Sabtu, 27 Oktober 2012

CARA DAN ETIKA COPY PASTE YANG BAIK

Copas atau juga sering disebut copy paste adalah kegiatan dimana sebuah blog mengambil artikel dari blog lain baik itu sebagian ataupun keseluruhan (sampai titik koma). kegiatan yang akhir- akhir ini sering sekali dilakukan oleh sebagian blogger yang mengenyampingkan rasa malu karena telah mencuri ide orang lain. dan terkadang kegiatan ini merugika
n si penulis asli.

Tapi apakah kegiatan copas di blog sepenuhnya salah? tidak salah jika si peng-Copas mencantumkan link sumber dengan benar. apa maksudnya? baik mari kita urai cara dan etika copas yang baik.

1. Copas tentu saja sangat saya tidak sarankan, mengapa anda tidak menulis sesuatu dari hasil sudut pandang diri anda sendiri. walaupun anda terinspirasi pada sesuatu hal yang anda temukan di internet, tapi jika anda mengolah kembali artikel tersebut menjadi sesuatu hal yang baru maka anda tidak bisa disebut Copas.



2. Jika amat mendesak, terlebih dahulu anda bisa meminta ijin kepada penulis asli artikel tersebut.

3. Setelah mendapat ijin tentu saja pada akhir postingan atau artikel yang anda Copas memberikan link sumber yang benar dan hidup.

Konsep ATM{Ambil,Telaah,dan Modifikasi}+Sertakan Sumber Info

Apa yang disebut link sumber yang benar dan hidup?

Berikanlah nama link sesuai dengan judul artikel tempat anda meng-Copas! dengan begitu si pemilik asli artikel pasti lebih senang dan berterima kasih, ketimbang marah-marah di kotak komentar anda.

Jadilah Blogger yang baik, hargai karya orang lain sekecil apapun. Hidup Blogger Indonesia. Terima kasih.

Semoga Bermanfaat

Sumber: IT Eighters Bogor.Blogspot.com

1 komentar:

  1. pada dasarnya segala sesuatu itu memang harus ada etikanya...

    http://tokoonlineobat.com/obat-penyakit-glaukoma-alami/

    BalasHapus